Suhargo

Tenaga pendidik di SDN 224 Mekarsari Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Cara Unik Toko Komputer

Cara Unik Toko Komputer

Tantangan Hari ke-83

#TantanganGurusiana

Hari Sabtu (4/04/2020), saya pergi ke salah satu toko langganan untuk membeli printer. Semenjak kenal komputer, saya lebih sering berbelanja ke toko tersebut. Selain pelayanannya sangat ramah dan cepat, harga lebih murah dibandingkan dengan toko komputer lainnya. Nama tokonya Dokter Komputer. Dua orang pemiliknya mempunyai wajah yang hampir sama. Saya tidak tahu apakah mereka bersaudara atau tidak. Saya sering bingung membedakan mana yang Koko Herman dan Koko Hengki. Alamatnya di Simpang Raya Kota Sarolangun. Tepatnya di sebelah SMKN 4 Sarolangun.

Toko yang sudah lama berdiri dan belum pernah pindah ini mempunyai langganan yang cukup banyak. Setiap saya ke toko, pasti bertemu dengan banyak pembeli yang lain. Dalam tulisan kali ini, saya tidak akan membahas bagaimana mereka bisa menarik langganan, tetapi upaya yang dilakukan mereka dalam memutus penyebaran covid-19. Sebagai toko yang sering didatangi berbagai orang dari seluruh penjuru Kabupaten Sarolangun, wajar bila pemilik toko mempunyai rasa kekhawatiran tertular virus yang satu ini. Saya mengapresiasi apa yang telah dilakukan.

Pembeli yang sebelumnya bisa masuk ke dalam ruko, saat ini tidak bisa masuk. Etalase toko yang semula berada dalam ruko, diletakkan di sepanjang pintu. Dengan begitu para pembeli hanya bisa berintetaksi dengan pelayan toko dari luar. Yang membuat saya salut dengan idenya adalah di atas etalase dipasang plastik transparan sepanjang pintu ruko. Dengan demikian komunikasi antara penjual dan pembeli terhalang oleh dinding plastik bening. Sebuah upaya untuk mencegah penularan virus yang unik tetapi masuk akal.

Untuk memastikan agar pembeli mematuhi aturan toko, dua buah kertas HVS bertuliskan pengumuman ditempel di plastik yang difungsikan sebagai tirai. Saya sempat mengabadikan tulisan tersebut. Bunyi tulisannya "Plastiknya jangan diangkat, ya! Mari bersama lakukan hal ini demi kebaikan diri kita sendiri. Lebih baik kita bijak menghadapinya bersama, Terima kasih." Sebuah tulisan yang khusus ditujukan kepada para pelanggan.

Setelah selesai melakukan transaksi, timbul penasaran di hati saya. Saya bertanya dengan Koko Hengki, yang waktu itu mendapatkan jadwal menunggu toko. Menurut ceritanya mereka bergantian selama satu minggu dengan Koko Herman. "Ko, ada pengaruh nggak dengan pelanggan setelah pemasangan plastik ini?" tanyaku penasaran. Si Koko menjawab sambil tersenyum, "Puji Tuhan, nggak ada pengaruhnya dengan pelanggan." Saya pun mengacungkan jari jempol sambil berlalu meninggalkan ruko dengan membawa printer untuk aset BUMDes Mekar Mandiri.

Upaya apa pun silakan dilakukan untuk mencegah penularan virus. Para penjual yang tetap mencari penghasilan di tengah himbauan #DiRumahAja punya cara sendiri untuk menjaga kesehatan. Kita bisa meniru cara mereka. Berhati-hati sangat penting, tetapi tidak usah terlalu panik. Mari tetap mengikuti nasihat pemerintah untuk tetap di rumah saja sampai virus ini benar-benar hilang dari dunia ini. Hanya dengan mengurangi berkumpul di tempat yang ramai, menjaga kebersihan dan kesehatan, memakai masker, dan melakukan hal yang positif, kita bisa menghentikan penularan covid-19.

Singkut, 06 April 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap sekali....sebuah ide yang bagus,,,,inspiratif bangeeet

06 Apr
Balas

Kekhawatiran yang tidak berlebihan, Bu. Salam kenal, Bu. Terima kasih sudah berkenan mampir.

06 Apr



search

New Post